omniture
PR Newswire: news distribution, targeting and monitoring

SWIFT menjajaki pembayaran real-time lintas negara di Asia Pasifik

2018-05-14 16:03

SINGAPURA, 14 Mei 2018 /PRNewswire/ -- SWIFT telah bergabung dengan sejumlah bank gpi SWIFT dari Australia, Cina, Singapura, dan Thailand untuk mengembangkan layanan pembayaran real-time lintas negara di wilayah Asia Pasifik.

SWIFT telah melangsungkan diskusi perihal penerapan dengan bank dari wilayah Asia Pasifik, termasuk ANZ, Bangkok Bank, Bank of China, China Construction Bank, China Guangfa Bank, Commonwealth Bank, DBS, ICBC, Kasikombank, NAB, Siam Commercial Bank, UOB, dan Westpac mengenai pengembangan sistem pembayaran real-time lintas negara di Asia Pasifik yang berbasis gpi. Dalam workshop tersebut, SWIFT dan bank peserta menyimpulkan bahwa layanan semacam itu akan menghadirkan manfaat signifikan, bahkan tidak hanya untuk bank gpi dan nasabahnya, namun juga bagi pasar domestik, yang pada akhirnya menghadirkan proses pembayaran real-time lintas negara yang lengkap bagi seluruh nasabah bank di wilayah ini.

Bank-bank tersebut menyepakati bahwa layanan akan diluncurkan dalam tiga fase berbeda:

  • Fase 1 adalah fase perkenalan sebuah sub-skema gpi real-time yang baru, yang mampu memfasilitasi pembayaran lintas negara secara real-time antara bank-bank gpi di wilayah ini. Berlandaskan keberhasilan yang signifikan dari pembayaran gpi SWIFT, yang terbukti mampu mengurangi waktu pembayaran lintas negara ke dalam hitungan menit, akan memastikan penyelesaian pembayaran lintas negara secara real-tima antara bank-bank gpi di wilayah tersebut.
  • Fase 2 akan memperluas jalur gpi SWIFT secara efektif ke dalam sistem pembayaran real-time yang sudah ada di setiap negara penerima, memastikan bahwa pembayaran "inward dan outward" dapat diselesaikan secara real-time di masing-masing dari keempat pasar, terlepas dari apakah penerima akhir memiliki rekening di bank yang terhubung ke SWIFT atau yang menggunakan gpi.
  • Fase ke-3 merupakan upaya untuk menghubungkan jaringan sistem pembayaran real-time domestik melalui gpi SWIFT guna memfasilitasi pembayaran real-time lintas negara antara nasabahnya masing-masing. Ini bertujuan agar pemilik rekening, baik penerima maupun pengirim, mendapatkan manfaat pembayaran real-time – terlepas apakah mereka memiliki rekening pada bank yang terhubung ke SWIFT atau yang menggunakan gpi.

Eddie Haddad, Managing Director dari SWIFT Asia Pasifik mengatakan: "Dengan penggunaan sistem pembayaran real-time domestik secara luas di wilayah ini, layanan real-time lintas negara merupakan pengembangan yang sewajarnya dari gpi SWIFT di Asia Pasifik dan merupakan terobosan yang memberikan manfaat nyata bagi nasabah bank. SWIFT diposisikan secara khusus untuk membantu nasabah pelanggan kami memanfaatkan investasi yang sudah mereka tanamkan pada infrastruktur, untuk membakukan konektivitas di pasar-pasar, dan untuk mendorong efisiensi dalam mendukung perdagangan lintas negara, menopang integrasi yang lebih terpadu di wilayah ASEAN."

Setelah workshop awal, SWIFT dan bank anggota gpi yang berpartisipasi telah mulai berupaya menentukan skema real-time lintas negara umum yang dapat ditinjau dan diuji oleh bank. Desain layanan baru akan dibangun dengan berlandaskan peraturan layanan gpi SWIFT yang sudah ada untuk membantu menyelesaikan ketidaksesuaian proses bisnis lainnya dalam rantai pembayaran. SWIFT juga memulai diskusi dengan New Payments Platform (NPP) di Australia agar pembayaran gpi SWIFT bisa terus diproses melalui sistem pembayaran real-time domestik yang baru diluncurkan. SWIFT telah membantu merancang, membangun, dan membentuk NPP, dan memegang peran kunci dalam mengoperasikan infrastruktur untuk NPP.

Diluncurkan tahun 2017, gpi telah membukukan hampir 10% dari lalu lintas pembayaran lintas negara SWIFT, dan memungkinkan lebih dari ratusan miliar dollar untuk ditransfer ke seluruh dunia dengan cepat dan aman setiap hari. Lebih dari 160 bank, termasuk 48 dari 50 bank teratas di SWIFT, telah mendaftarkan diri untuk layanan tersebut, mengirim ratusan ribu pembayaran setiap harinya ke 350 koridor Negara – termasuk koridor utama seperti Amerika Serikat-Cina, di mana gpi telah membukukan lebih dari 30% lalu lintas pembayaran.

"gpi SWIFT telah mengurangi waktu pembayaran lintas negara menjadi hitungan menit, bahkan detik, dan hampir 50% pembayaran gpi mampu diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 menit", kata Haddad. "Skema baru ini akan mempercepat pembayaran dan memperluas jangkauan kemampuan gpi ke dalam pasar domestik, mendorong perubahan yang radikal dalam pasar pembayaran lintas Negara di seluruh wilayah. Kami berharap agar hal ini dipraktikkan di lebih banyak negara dan bank-bank lainnya dapat bergabung dengan layanan baru ini."

Tentang SWIFT

SWIFT adalah perusahaan koperasi milik anggota global dan merupakan penyedia layanan olahpesan (messaging) keuangan aman yang terkemuka. Kami menghadirkan sebuah platform olahpesan dan standar komunikasi, dan kami menawarkan produk dan layanan untuk memfasilitasi akses dan integrasi, identifikasi, analisis, serta kepatuhan terhadap peraturan.

Platform olahpesan, produk, dan layanan kami menghubungkan lebih dari 11.000 perusahaan perbankan dan sekuritas, infrastruktur pasar, dan pelanggan korporat di lebih dari 200 negara dan wilayah. Meskipun SWIFT tidak menampung dana atau mengelola rekening atas nama pelanggan, kami memungkinkan komunitas pengguna global kami untuk berkomunikasi secara aman, bertukar pesan keuangan standar dengan cara yang andal, sehingga mendukung aliran keuangan lokal dan global, serta perdagangan dan perniagaan di seluruh dunia.

Sebagai penyedia layanan yang tepercaya, kami senantiasa mengupayakan keunggulan operasional; kami membantu para pengguna dalam menangani ancaman siber; dan kami terus mencari cara untuk menurunkan biaya, mengurangi risiko, dan meniadakan inefisiensi operasional. Produk dan layanan kami mendukung akses dan integrasi komunitas, inteligensi bisnis, data rujukan dan kebutuhan kepatuhan terkait kejahatan keuangan. SWIFT juga mempersatukan komunitas keuangan – di tingkat global, regional dan lokal – untuk membentuk praktik pasar, menetapkan standar, dan membahas permasalahan yang menjadi keprihatinan atau kepentingan bersama.

Berkantor pusat di Belgia, tata kelola dan pengawasan internasional SWIFT menekankan karakter global yang netral dari struktur koperasinya. Jaringan kantor global SWIFT memastikan keberadaan yang aktif di semua pusat keuangan utama.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.swift.com atau ikuti kami di Twitter: @swiftcommunity dan LinkedIn: SWIFT.

Kontak:           
Jaime Lee
852-2107-8860
jaime.lee@swift.com  

Catatan untuk editor:

Silakan baca komentar dari bank peserta di bawah ini:

"Sehubungan dengan proposisi gpi SWIFT, sudah sewajarnya kami ingin menghubungkan infrastruktur pembayaran real-time – seperti NPP di Australia – dengan platform yang serupa di pasar lainnya. Dengan menjajal berbagai macam cara untuk terhubung dengan infrastruktur lain, kami akan dapat melayani pembayaran lintas negara yang lebih cepat kepada pelanggan, bahkan mendekati real-time, tanpa dibatasi oleh zona waktu dan kendala waktu cut-off harian" Mark Evans, Managing Director of Transaction Banking, ANZ

"Bangkok Bank tidak sabar untuk segera untuk mengeksplorasi pembayaran lintas negara secara real-time dengan SWIFT, yang kami yakini akan mempererat konektivitas dalam lanskap pembayaran lintas negara, dan pada gilirannya akan meningkatkan kecepatan dan transparansi dalam pembayaran lintas negara. Prakarsa ini akan membantu menghadirkan proses pembayaran yang lebih efisien dan terprediksi dengan keuntungan yang langsung dirasakan oleh klien kami"- Pongbhoka Buddhi-Baedya, Head of Global Payment Services, Bangkok Bank

"CBA adalah salah satu pengguna gpi SWIFT terbesar dan salah satu bank besar pertama di Australia yang ambil bagian dalam NPP. Penggunaan solusi NPP oleh nasabah kami telah menjadi semakin matang dan kami tidak sabar melihat berbagai kemungkinan yang muncul dengan menggabungkan solusi ini"- Michael Eidel, Executive General Manager, Cash-flow and Transaction Services, Commonwealth Bank

"DBS bangga menjadi bank Asia pertama yang aktif menggunakan gpi SWIFT, prakarsa yang menarik dalam industri ini. gpi SWIFT memungkinkan nasabah korporasi untuk memantau pembayaran lintas negara secara end-to-end dan real-time, serta memiliki informasi yang jelas mengenai dana yang telah dikreditkan ke rekening penerima. Kemampuan melacak yang bersifat on-demand semakin meningkatkan pengalaman nasabah korporasi dalam pembayaran lintas negara, mempererat hubungan supply chain finansial antara pembeli dan penjual, serta mengurangi permintaan layanan nasabah yang diterima di bank" - Navinder Duggal, Group Head of Cash Product Management, DBS

"Dengan memanfaatkan layanan pembayaran lintas negara real-time yang baru, ICBC percaya bahwa efisiensi dari pembayaran lintas Negara akan meningkat secara signifikan dan konektivitas lintas pasar di wilayah Asia Pasifik akan menjadi semakin erat. ICBC akan mengintegrasikan sumber daya internal untuk memaksimalkan proses R&D layanan ini dan mengeksplorasi penerapannya di berbagai kantor cabang kami di seluruh dunia" - Peng Hua, Deputy General Manager, Operation Management Department, ICBC

"Melakukan transaksi secara real-time dalam remittance lintas negara akan menjadi hal yang umum dalam waktu dekat. gpi SWIFT telah diterapkan ke berbagai kasus penggunaan valid yang mempertegas kemampuannya dalam menyederhanakan pembayaran lintas negara bagi semua pihak yang terlibat" - SilawatSantivisat, Executive Vice President, Corporate Product and Service Division, Kasikornbank

"Kami terus mencari kesempatan untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada nasabah, dan kunci menuju ke sana adalah berkolaborasi dengan organisasi yang memiliki visi serupa dan memanfaatkan teknologi API. Memungkinkan pembayaran lintas negara secara real-time akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi nasabah kami" - Paul Franklin, General Manager, Payments, Customer Products & Services, National Australia Bank Limited

Logo - http://photos.prnasia.com/prnh/20160127/8521600559Logo

Source: S.W.I.F.T.SCRL

Featured Video

Related Keywords:

Banking/Financial Service

Electronic Commerce

Corporate Expansion

Financial Technology

Advanced Search
Search
  
  1. Products & Services
  2. News Releases
  3. Knowledge Center
  4. Journalists & Media
  5. Multimedia Theater
  6. Contact Us