omniture
PR Newswire: news distribution, targeting and monitoring

Berbagai Pelajar Melaka Ikuti Lomba Daur Ulang Plastik

2018-08-08 01:52

MELAKA, Malaysia, 8 Agustus 2018 /PRNewswire/ -- Lebih dari 3.000 pelajar menentang limbah plastik lewat aksi, fotografi, deklamasi dan lomba daur ulang di Melaka sebagai bagian dari MPMA - - Dow School Environment Challenge 2018.

The Champion of the MPMA-DOW School Environmental Challenge 2018 Choral Speaking Competition from SMK Tun Mutahir, Batu Berendam, Melaka impressed the judges with a great performance on the theme 3Rs: Reduce, Reuse and Recycle.
The Champion of the MPMA-DOW School Environmental Challenge 2018 Choral Speaking Competition from SMK Tun Mutahir, Batu Berendam, Melaka impressed the judges with a great performance on the theme 3Rs: Reduce, Reuse and Recycle.

 

The first runner up of the MPMA – Dow School Environment Challenge 2018 Sketch Performance Competition from SK Tehel, Bemban, Melaka - 'Recycle Hero' saving the Earth by educating students to throw recyclables into the right bin.
The first runner up of the MPMA – Dow School Environment Challenge 2018 Sketch Performance Competition from SK Tehel, Bemban, Melaka - 'Recycle Hero' saving the Earth by educating students to throw recyclables into the right bin.

 

 

Malaysian Plastics Manufacturers Association (MPMA) dan The Dow Chemical Company (Dow) bekerja sama untuk kelima kalinya dalam lomba yang dirancang demi mendidik para pelajar tentang upaya pemilahan dan daur ulang sampah. Hal itu dilakukan untuk mengurangi jumlah limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah dan berakhir di lingkungan sebagai kotoran.

Lomba tersebut, dimulai pada April, terdiri atas empat jenis kompetisi yang dirancang guna mendidik dan menginspirasi para pelajar tentang arti penting daur ulang dan kelestarian lingkungan. Keempat kompetisi itu adalah:

  • Pengumpulan Benda-Benda Daur ulang: Para pelajar mengumpulkan benda-benda daur ulang (plastik, kertas, aluminium, limbah elektronik) dan membawa mereka ke sekolah untuk ditimbang dan disatukan.
  • FotografiPara pelajar mengirimkan sebuah foto yang menampilkan tema "Saya Cinta Daur Ulang" (I Love Recycling)  
  • PementasanPara pelajar menciptakan dan menampilkan sebuah pementasan dengan tema "Penjahat Limbah vs Pahlawan Daur Ulang"
  • Penampilan Choral Speaking: Sejumlah pelajar berpartisipasi dalam lomba choral speaking yang bertema Tiga R: "Reduce, Reuse, Racycle"

"Program ini terus berkembang setiap tahun dan menginspirasi serta mendidik generasi pelajar yang baru sehingga mereka dapat lebih baik lagi memahami peran sebagai pelestari alam," ujar Dato' Raymond Sng, Vice President MPMA. "Lomba ini meningkatkan perpaduan keingintahuan dan kesadaran yang baik untuk pelestarian lingkungan hidup, bersama kreativitas dan ekspresi melalui beragam tantangan."

Kompetisi ini menjadi bagian dari wadah yang lebih besar untuk peningkatan mutu sosial dan lingkungan hidup, lewat pendidikan dan pengajaran, memastikan para pelajar memahami dan membela upaya pengelolaan limbah yang bertanggung jawab.

Yang juga termasuk dalam wadah pendidikan ini adalah Eco-Ranger Camp, merupakan kerja sama Dow dan MPMA untuk mengajari pelajar tentang pengelolaan limbah, daur ulang dan memahami plastik sebagai material yang berharga. Selama Eco-Ranger Camp berlangsung pada Mei, para pelajar bekerja sama dengan sejumlah guru dalam mengembangkan proyek-proyek pelestarian lingkungan yang kelak dijalankan di sekolah mereka.

"Sebagai produsen plastik terkemuka, Dow meyakini, seharusnya tak ada plastik yang mengotori lingkungan hidup," jelas Dr. Han Zhang, Sustainability and Advocacy Leader, Asia Pasifik, Dow Packaging & Specialty Plastics. "Hal tersebut hanya dapat terwujud lewat kerja sama dengan berbagai lembaga seperti MPMA dan mendidik para pelajar tentang nilai material yang digunakan setiap hari. Dengan begitu, kita dapat bekerja sama untuk mengembangkan circular economy."

Keikutsertaan dalam MPMA-Dow School Environment Challenge berkembang dari enam sekolah pada 2017 menjadi 17 sekolah tahun ini. Program tersebut dirancang MPMA dan Dow agar dapat berdiri sendiri demi melanjutkan misinya dalam mendidik dan menginspirasi generasi masa depan sembari memperluas jangkauannya ke seluruh Melaka. Program ini akan terus berjalan dengan mitra E Ijau Millennium Explorer, sebuah LSM lingkungan hidup yang memimpin pengembangan eco-schools di Melaka, berdasarkan prinsip-prinsip utama yang dibentuk Dow dan MPMA. Di samping E Ijau, program ini juga bermitra dengan pendaur ulang setempat, Lam Chong Group, dalam kompetisi Recyclables Collection. Lam Chong telah sepakat meneruskan program pengumpulan barang-barang daur ulang sebagai cara menjaga praktik daur ulang di antara sekolah-sekolah yang menjadi peserta program.

Dalam kompetisi tahun ini, para pelajar melakukan pementasan di depan para juri yang memilih penampilan terbaik dalam tiap kategori.

Para Juara Lomba:


Pengumpulan Barang-Barang Daur Ulang

Kategori

Juara Pertama

Jumlah

Juara Kedua

Amount

Makalah Terbaik

SJK (C) Alor Gajah, Alor
Gajah, Melaka

1.375,02kg

SMK Sungai Rambai, Sg 
Rambai, Melaka

809,75kg

Plastik Terbaik

SK Air Baruk, Jasin, 
Melaka

108,15kg

SMK Dato' Dol Said, Alor 
Gajah, Melaka

133,70kg

Logam Terbaik

SK Alor Gajah 1, Alor 
Gajah, Melaka

87,85kg

SMK Dato' Dol Said, Alor 
Gajah, Melaka

243,40kg

Limbah Elektronik Terbaik

SJK (C) Alor Gajah, Alor 
Gajah, Melaka

171,95kg

SMK Tun Mutahir, Batu 
Berendam, Melaka

133,85kg


Kategori

Juara Pertama

Juara Kedua

Fotografi

Pemenang

Muhd Arif Haikal bin Hisyam 
SK Tehel, Bemban, Melaka

Lewis Tan Rui Yi 
SMK Gajah Berang, Kampung Chetti, 
Melaka

Juara Kedua

Ng Qiu Yen  
SJK (C) Pay Chiao, 
Bemban, Melaka

Nor Hidayah

SMK Sungai Rambai, Sg Rambai, 
Melaka

Juara Ketiga

Aryana Delisha 
SK Air Baruk, Jasin, Melaka

Fatin Zarifah 
SMK Seri Pengkalan, Alor Gajah, Melaka







Pementasan

Pemenang

SK Alor Gajah 1, Alor Gajah, Melaka

Juara Kedua

SK Tehel, Bemban, Melaka

Juara Ketiga

SK Air Baruk, Jasin, Melaka


Penampilan Choral Speaking 

Pemenang

SMK Tun Mutahir, Batu Berendam, 
Melaka

Juara Kedua

SMK Gajah Berang, Kampung Chetti, 
Melaka

Juara Ketiga

SMK Sungai Rambai, Sg Rambai, 
Melaka


Proyek Pelestarian Lingkungan Jangka Pendek

Pemenang

SK Air Baruk, Jasin, Melaka

Juara Pertama

SK Convent Infant Jesus 2, Taman 
Melaka Raya, Melaka

Juara Kedua

SMK Seri Mahkota, Merlimau, Melaka







"Bersama Dow, kami meyakini upaya membantu para pelajar dalam memahami pengelolaan limbah yang bertanggung jawab sedari awal adalah bagian penting dari langkah mengurangi sampah yang mengotori lingkungan hidup," tutur Sng.

Tentang MPMA
Malaysian Plastics Manufacturers Association (MPMA), berdiri pada 1967, adalah asosisasi bisnis yang progresif dan menjadi aspirasi resmi dari industri plastik di Malaysia, mewakili berbagai anggota dan industri dalam interaksi dengan Pemerintah, memimpin pertumbuhan industri plastik dan menyediakan wadah untuk membantu para anggota agar berdaya saing global.

Salah satu fokus MPMA adalah pelestarian lingkungan. MPMA menyelenggarakan beragam program peningkatan kesadaran dan pendidikan tentang plastik bagi sejumlah sekolah dan masyarakat. Berbagai program tersebut menekankan cara membuang plastik yang benar, daur ulang plastik dan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Tentang Dow Packaging and Specialty Plastics
Dow Packaging and Specialty Plastics, unit bisnis milik divisi Materials Science DowDuPont, menggabungkan sejumlah kekuatan utama litbang (R&D), jangkauan global dan keahlian industri untuk membuat sejumlah teknologi yang berkinerja terbaik bagi segmen pasar pengguna akhir untuk sektor kemasan makanan, produk perawatan tubuh, infrastruktur, barang konsumen dan transportasi. Dow Packaging and Specialty Plastics merupakan salah satu produsen resin polietilena yang terbesar di dunia, resin khusus dan zat perekat, serta menjadi inovator dan kolaborator pada seluruh rantai nilai industri pada pengembangan penerapan produk yang lestari dan prinsip-prinsip daur ulang plastik dalam circular economy.

Tentang Dow
The Dow Chemical Company (Dow) menggabungkan pengetahuan sains dan teknologi untuk mengembangkan solusi teknik material terdepan yang penting bagi kemajuan manusia. Dow memiliki salah satu perangkat kerja terbaik dan terlengkap dalam industri, dengan teknologi terluas, integrasi aset, skala ekonomi dan daya saing yang mendukungnya dalam menjawab berbagai isu global yang rumit. Portofolio produk material canggih (advanced material), industrial intermediates dan plastik dari Dow berorientasi pasar dan terdepan dalam industri, serta menghadirkan serangkaian luas dari produk dan solusi berbasis teknologi yang unggul. Produk dan solusi itu hadir bagi para konsumen di sejumlah segmen pasar dengan pertumbuhan yang tinggi, seperti kemasan, infrastruktur dan layanan konsumen. Dow merupakan anak usaha DowDuPont (NYSE: DWDP), induk usaha yang terdiri atas Dow dan DuPont, yang akan membentuk tiga perusahaan terbuka yang kuat dan independen dalam bidang pertanian, teknik material dan sektor-sektor khusus. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan  pada tautan ini:  www.dow.com.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

CRYSTAL CHEAH
Executive, Environment
Malaysian Plastics Manufacturers Association (MPMA)
37, Jalan 20/14, Paramount Garden, 46300 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia
Tel: (603) 7876-3027, Faks: (603) 7876-8352
Surel: environment@mpma.org.my, URL: www.mpma.org.my

Nate Kerns
Dow Packaging and Specialty Plastics 
Asia Pasifik
Surel: kerns@dow.com
Tel: +65-68303803

Foto - https://photos.prnasia.com/prnh/20180803/2203757-1-a
Foto - https://photos.prnasia.com/prnh/20180803/2203757-1-b
Logo - https://photos.prnasia.com/prnh/20180416/2105671-1LOGO

Source: Dow Packaging and Specialty Plastics

Featured Video

Related Keywords:

Chemical

Education

Environmental Products & Services

Children-related news

Not for profit

Advanced Search
Search
  
  1. Products & Services
  2. News Releases
  3. Knowledge Center
  4. Journalists & Media
  5. Multimedia Theater
  6. Contact Us